Menjaga Gula Darah Untuk Awet Muda

Studi terkini yang dilakukan Leiden University Medical Centre bersama Unilever Research & Development, untuk kali pertama, menemukan adanya hubungan antara kadar gula darah pada manusia dan facial age (usia wajah).

Kadar gula darah tinggi yang diderita dalam jangka waktu yang lama mengakibatkan wajah seseorang nampak lebih tua dari usianya. Setiap kenaikan kadar gula darah, seseorang akan terlihat lebih tua lima bulan.

Menjaga kesehatan tubuh memiliki dampak holistik. Bukan sekadar mencegah dari berbagai risiko penyakit, namun juga dapat merawat penampilan dan kecantikan. Tampil awet muda menjadi dambaan banyak orang. Anda pun dapat tampil awet muda asalkan disiplin mengontrol dan menjaga kadar gula darah.

Tes kadar gula darah (tanpa puasa) yang dilakukan pada 600 laki-laki dan perempuan di Belanja menjadi sampelnya. Setelah melakukan tes darah, para responden ini kemudian difoto. Lalu, sekitar 60 pengamat diminta memberikan perkiraan atas usia para responden ini berdasarkan foto tersebut. Usia yang sebenarnya kemudian dibandingkan dengan hasil pengamatan tadi.

Hasilnya, studi ini menemukan bahwa orang berusia antara 50- 70 tahun dengan kadar gula tinggi kelihatan lebih tua dibandingkan orang yang berusia sama namun memiliki kadar gula darah lebih rendah.

David Gunn, Ilmuwan Senior di laboratorium R&D Unilever di Colworth Science Park mengatakan, “Ini kali pertama dibuktikan adanya hubungan antara kadar gula darah dan penuaan wajah. Sudah banyak riset yang membuktikan bahwa kadar gula darah yang terus menerus tinggi adalah tidak baik untuk kesehatan. Dan studi ini membuktikan bahwa hal tersebut ternyata juga membuat orang tidak kelihatan awet muda.”

Meski begitu, tambah Gunn, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk mencari tahu penyebab penuaan akibat tingginya kadar gula darah.

Gaya hidup sehat. Mengontrol kesehatan fisik, termasuk kadar gula darah, sudah seharusnya dilakukan setiap orang untuk menghindari berbagai penyakit. Apalagi seiring bertambahnya usia, berbagai faktor terkait kesehatan pun perlu lebih diwaspadai.

Studi yang diterbitkan di AGE ini lahir dari inisiatif Netherlands Consortium for Healthy Ageing yang bertujuan memahami bagaimana kesehatan dapat dipertahankan saat usia seseorang bertambah.

Hasil temuan ini sekaligus juga mengingatkan mengenai pentingnya menerapkan gaya hidup sehat. Klasik memang, namun faktanya, dengan menjalani gaya hidup sehat, Anda akan terhindar dari berbagai risiko penyakit, termasuk mengatasi penuaan dini.

Diana van Heemst, Associate Professor di Leiden University Medical Center mengatakan studi ini sekaligus juga mengingatkan mengenai pentingnya mengontrol kadar gula darah bagi kesehatan orang di usia paruh baya.

Dengan begitu, setiap orang dapat menjadi lebih termotivasi untuk lebih peduli kesehatan, disiplin menjalani pola hidup sehat, terutama bagi mereka yang berada di usia 50-70 tahun.

“Kelihatan lebih muda mungkin bisa menjadi motivasi bagi orang untuk mengubah gaya hidupnya agar menjadi lebih sehat,” tutur van Heemst.

Sumber: Unilever Global

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s