Cara Mencegah Perut Kembung

Karbohidrat merupakan molekul gula. Faktanya, ada lima jenis gula yang agak sulit dicerna, yaitu laktosa, fruktosa, fruktan, gula alkohol dan galaktan. Seperti dilansir dari Prevention.com, Anda bisa mencegah perut kembung dengan menghindari atau setidaknya mengurangi konsumsi makanan berikut.

Kondisi perut kembung memang bisa memengaruhi aktivitas. Pemicunya bisa jadi makanan yang Anda konsumsi. Menurut Jacqueline Wolf, MD, professor dari Harvard Medical School dan penulis buku ‘A Woman’s Guide to a Healthy Stomach’, untuk mencegah kembung perhatikan konsumsi karbohidrat Anda.

1. Pemanis buatan

Sorbitol, xylitol dan mannitol adalah gula alkohol yang banyak ditemukan di diet soda dan permen bebas gula. Jika Anda mudah kembung, sebaiknya hindari produk-produk ini.

2. Perhatikan konsumsi strarch atau pati

Jika setelah mengonsumsi gandum kaya akan fruktan Anda mengalami kembung, segera ganti dengan nasi, jagung atau kentang.

3. Susu

Jika setelah minum susu, perut terasa kembung, bisa jadi Anda mengalami lactose intolerance. Sebagai pengganti susu, cobalah konsumsi makanan yang kadar laktosanya lebih rendah seperti keju atau yogurt. Bisa juga mengonsumsi produk-produk susu yang tidak mengandung laktosa.

4. Pilih dalam mengonsumsi buah

Jenis buah berries, anggur dan jeruk mengandung fruktosa dan glukosa yang lebih rendah. Hal ini membuat buah-buahan tersebut lebih mudah dicerna dan tak berisiko menimbulkan kembung. Hal ini jika dibandingkan dengan mengonsumsi buah-buahan dengan kadar fruktosa agak tinggi, seperti melon, apel, dan pir.
Sumber; vaivanews/kosmo

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s