Rpp Bahasa Inggris Kelas;XII Semester;1 Pertemuan;1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester            : XII/1

Pertemuan ke               : 1

Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

Standar Kompetensi

Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar

Merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative

Indikator

  1. Memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
  2. Menentukan pesan dalam cerita

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
  2. Siswa dapat menentukan pesan dalam cerita.

Materi Pokok

Wacana monolog berbentuk narrative, misalnya:

The Goose with the Golden Eggs

One day a countryman was going to the nest and found there was an egg all yellow and glittering. When he took it up, it was as heavy as lead and he was going to throw it away, because he thought a trick had been played upon him. But he took it home on a second thought, and soon found to his delight that it was an egg of pure gold. Every morning the same thing occurred and he soon became rich by selling its eggs. As he grew rich, he grew greedy and thought to get at once all the gold the goose could give. He killed the ggose and opened it: only to find nothing.

 

Metode Pembelajaran/Teknik:

Three-phase technique

Langkah-Langkah Kegiatan

1. Kegiatan Awal (5’)

Siswa bertanya jawab mengenai gambar dalam buku teks.

2. Kegiatan Inti (35’)

§         Siswa mendengarkan teks lisan narrative secara klasikal sambil melengkapinya.

§         Siswa merespons isi teks dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosa kata.

§         Secara berpasangan siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan tentang teks narrative yang baru saja mereka dengarkan, termasuk menentukan pesan dalam cerita dan action verbs yang digunakan dalam teks.

§         Siswa mengemukakan pendapat berkaitan dengan teks tersebut.

3. Kegiatan Akhir (5’)

Siswa membuat kesimpulan tentang pesan dalam cerita.

Sumber/Alat/Bahan

  • Buku Look Ahead 3
  • Kaset/CD
  • Tape
  • Script dari buku Look Ahead 3

Penilaian

  • Teknik: Lisan, tertulis
  • Bentuk: Menjawab pertanyaan

Mengetahui

…………………,….

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Mata Pelajaran

______________________                                       __________________

NIP.                                                                                                     NIP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s